Peperangan Politik Agresif

10
514
Perang politik juga mencakup kegiatan agresif oleh salah satu aktor yang ofensif mendapatkan keuntungan relatif atau kontrol terhadap perusahaan lain. Antara negara-negara bangsa, dapat berakhir dalam perebutan kekuasaan atau asimilasi terbuka dari negara korban ke dalam sistem atau kekuasaan yang kompleks politik agresor. Hubungan agresor-korban ini juga telah terlihat antara rival dalam negara dan mungkin melibatkan taktik seperti pembunuhan, aktivitas paramiliter, sabotase, kudeta, pemberontakan, revolusi, perang gerilya, dan perang saudara.
 
Infiltrasi asing atau pembebasan terjadi ketika pemerintah digulingkan oleh militer asing atau intervensi diplomatik, atau melalui cara-cara terselubung. Tujuan utama kampanye ini adalah untuk mendapatkan kontrol atas struktur politik dan sosial bangsa lain. Kampanye bisa dipimpin oleh kekuatan-kekuatan nasional agresor atau dengan menciptakan faksi politik agresif baru menguntungkan bagi agresor dalam negara. Paul M. Blackstock menjelaskan tiga tahapan yang terlibat dalam perluasan penguasaan oleh agresor atas korban:
 
Penetrasi atau infiltrasi: infiltrasi sengaja kelompok politik dan sosial dalam keadaan korban oleh agresor dengan tujuan akhir memperluas pengaruh dan kontrol. Agresor menyembunyikan Endgame, yang melampaui sifat berpengaruh normal diplomasi dan melibatkan spionase.
 
Disintegrasi paksa atau atomisasi: “adalah rincian dari struktur politik dan sosial dari korban sampai kain moral nasional hancur dan negara tidak mampu untuk melawan intervensi lebih lanjut.” Agresor dapat mengeksploitasi ketegangan internal yang tak terelakkan antara politik, kelas, etnis, agama, ras, dan lainnya kelompok. Konsep ini merupakan strategi yang mirip dengan ‘membagi dan menaklukkan’. 
 
Subversi dan pembelotan: “. Melemahkan atau detasemen loyalitas kelompok-kelompok politik dan sosial yang signifikan di dalam negara korban, dan pemindahan mereka ke penyebab politik atau ideologi agresor” Subversion adalah Sebagai pengganti dari total transferensi, agresor dapat menerima negara menengah yang masih memenuhi tujuannya, seperti mendukung individu politik yang signifikan. Selanjutnya, pembentukan kontra-elit, yang terdiri dari individu-individu yang berpengaruh dan pemimpin kunci, dalam negara korban menetapkan legitimasi dan kekekalan dari rezim baru. Pembelotan adalah pemindahan kesetiaan individu kunci dan pemimpin ke kamp penyerang. Individu bisa pindah atau tinggal-di-tempat di negara korban, terus mempengaruhi isu-isu lokal dan peristiwa dalam mendukung penyerang. Pembelot juga menyediakan informasi orang dalam untuk agresor.

Fidel Castro pada tanggal 1 Juli, 1977. Castro melakukan kudeta pada tahun 1959 dan memasang pemerintahan komunis
 

Kudeta adalah penggulingan pemerintah melalui infiltrasi politik, militer, dan kelompok-kelompok sosial dengan segmen kecil dari aparatur negara. Segmen kecil ada di dalam negara dan menargetkan tuas politik kritis kekuasaan dalam pemerintah untuk menetralisir oposisi terhadap kekuatan yang mengatur kudeta dan pasca-kudeta. Beberapa faktor yang sudah ada diperlukan untuk kudeta  untuk menyertakan partisipasi politik yang terpusat untuk sebagian kecil dari populasi, kemerdekaan dari pengaruh asing kekuasaan dan kontrol, dan kekuasaan dan otoritas pengambilan keputusan terkonsentrasi dalam pusat politik, bukan disebarkan antara pemerintah daerah, dunia usaha, atau kelompok lain.

Sebuah kudeta memanfaatkan sumber daya politik untuk mendapatkan dukungan dalam negara yang ada dan menetralisir / melumpuhkan orang-orang yang mampu unjuk rasa terhadap kudeta. Sebuah kudeta yang sukses terjadi dengan cepat dan setelah mengambil alih pemerintahan, itu akan menstabilkan situasi dengan mengontrol komunikasi dan mobilitas. Selain itu, pemerintahan baru harus mendapatkan penerimaan dari struktur masyarakat dan militer dan administrasi, dengan mengurangi rasa tidak aman. Pada akhirnya, pemerintah baru akan mencari legitimasi di mata rakyatnya sendiri serta mencari pengakuan asing. kudeta bisa dipimpin oleh kekuatan-kekuatan nasional atau melibatkan pengaruh asing, mirip dengan pembebasan asing atau infiltrasi.
 

Operasi paramiliter: perang politik transisional mulai dari penggunaan skala kecil kekerasan dengan struktur organisasi primitif, seperti sabotase, perang konvensional skala penuh. Transisi dan eskalasi mencakup serangkaian tahapan dan tergantung pada tujuan taktis dan strategis. Kegiatan paramiliter termasuk infiltrasi dan subversi serta operasi kelompok kecil, pemberontakan, dan perang saudara.

Pemberontakan:. Terorganisir, berlarut-larut alat perang politik yang dirancang untuk melemahkan kontrol dan menghilangkan legitimasi pemerintahan didirikan, penguasa pendudukan, atau otoritas politik lainnya Pemberontakan adalah konflik internal, dan perjuangan utama adalah untuk memobilisasi penduduk lokal untuk kontrol politik dan memperoleh dukungan rakyat terhadap penyebabnya pemberontak ‘.  pemberontakan termasuk tujuan politik dan militer, dengan tujuan akhir mendirikan sah, struktur negara saingan. pemberontakan adalah konflik militer konvensional yang menggabungkan berbagai metode , mulai dari alat koersif seperti intimidasi dan pembunuhan, untuk alat politik seperti propaganda dan pelayanan sosial. Pendekatan dan tujuan pemberontakan itu dapat melibatkan gangguan abadi dan kekerasan menunjukkan ketidakmampuan pemerintah untuk memberikan keamanan bagi rakyat, melemahnya pemerintah dan membunuh / mengintimidasi oposisi yang efektif terhadap pemerintah, mengintimidasi penduduk dan mengecilkan keikutsertaannya dalam, atau dukungan untuk, politik atau proses hukum, pengawasan atau mengintimidasi polisi ing pasukan militer, yang membatasi kemampuan mereka untuk menanggapi serangan pemberontak, atau dengan menciptakan represi pemerintah dengan memprovokasi over-reaksi oleh keamanan atau militer.

Facebook Comments

10 KOMENTAR

  1. Thanks for the sensible critique. Me and my friend were just preparing to do some research about this. We grabbed a book from our area library but I think I learned more from this post. I am very glad to see such magnificent information being shared freely out there.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here