PDI-P Tolak Lobi Airin Terkait Politik Dinasti

5
155
Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany beberapa kali melobi PDI-P agar mendukungnya untuk kembali maju dalam pemilihan kepala daerah Tangsel. Kendati demikian, PDI-P menolak tawaran Airin tersebut untuk kemudian mengusung Arsyid dan Intan Nurul Hikmah sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel.
 
Menurut Hasto, penolakan PDI-P kepada Airin bertujuan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. PDI-P tidak ingin mengusung calon kepala daerah yang memiliki kaitan dengan politik dinasti.
“Ini kan aspek pendidikan politik. Opsi-opsi yang dipertimbangkan lebih banyak kepada bagaimana si calon. Di Banten, kami enggak mendukung lagi, di Tangsel juga meskipun yang bersangkutan beberapa kali menawar ke PDI-P,” kata Hasto dalam diskusi mengenai polariasi koalisi partai politik di daerah yang digelar Kompas TV di Jakarta, Kamis (8/10/2015).
Kasus Airin ini merupakan salah satu kasus yang dicontohkan Hasto ketika PDI-P lebih mengedepankan ideologi partai dibandingkan dengan hitung-hitungan politik. Diakui Hasto, potensi Airin untuk kembali memenangkan pilkada berdasarkan hasil survei selama ini cukup tinggi. Kendati demikian, menurut dia, PDI-P mengedepankan komitmen untuk menciptakan pemerintahan di Tangsel yang bersih dan relatif bebas dari kepentingan keluarga.
“Partai punya komitmen bagaimana pemerintahan di Banten menjadi gambaran media bagaimana tokoh yang memimpin di sana relatif bebas dominasi keluarga. Kami ingin ada tokoh otonom yang tidak terpengaruh suaminya dalam mengambil kebijakan, misalnya. Maka dari itu kami memilih jalan terjal, kami calonkan yang relatif bersih,” tutur Hasto.
Seperti diketahui, Airin adalah istri dari Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan yang merupakan adik dari mantan Gubernur Banten Atut Chosiyah. Baik Atut maupun Wawan menjadi terpidana kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi.
Adapun Airin kembali maju dalam pemilihan Wali Kota Tangsel bersama dengan calon Wakil Wali Kota Benyamin Davnie. Pencalonan pasangan ini didukung enam partai politik, yakni Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Golkar.

Facebook Comments

5 KOMENTAR

  1. 416414 258412My California Weight Loss diet invariably is an cost effective and versatile staying on your diet tv show made for individuals who locate themselves planning to drop extra pounds and furthermore ultimately maintain a considerably healthier habits. la weight loss 725688

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here