Menjelang Pilgub, Organisasi Profesi, Pemuda Dan Kemahasiswaan Rawan Ditunggangi Politisi

7
1566
Foto Logo Organisasi Pemuda, Profesi dan Kemahasiswaan
Foto Logo Organisasi Pemuda, Profesi dan Kemahasiswaan

Oleh : Redaksi Fokus7.com

Menjelang pilgub beberapa organisasi dengan azas independens menjadi rawan ditunggangi oleh para politisi dengan melihat pengalaman pemilihan-pemiihan yang sebelumnya.

BACA JUGA

Penyatuan Gerbong Kekuatan AAS-ABM

Terlalu Ramah, Seorang Pramugari Garuda Dilecehkan Penumpang

AIM Siap Mundur Jika Harus Melawan ABM

PGRI dan KNPI misanya, adalah organisasi yang sangat rawan ditunggangi oleh para politisi dalam pemilihan kepala daerah. Tidak tertutup kemungkinan organisasi-organisasi kemahasiswaan juga akan terperangkap kedalamnya.

Tak terpungkiri memang bahwa mahasiswa pada saat ini merupakan salah satu harapan terbesar bagi masyarakat sebagai penyambung lidah rakyat terutama sebagai perubahan di masyarakat (Agen social of cahange). Sebagai salah satu potensi, mahasiswa sebagai bagian dari kaum muda dalam tatanan masyarakat yang mau tidak mau pasti terlibat langsung dalam tiap fenomena sosial, harus mampu mengimplementasikan kemampuan keilmuannya dalam akselerasi perubahan sosial ke arah berkeadaban.

Keterlibatan mahasiswa dalam setiap perubahan tatanan kenegaraan selama ini sudah menjadi jargon dan pilar utama terjaminnya sebuah tatanan kenegaraan yang demokratis. Harmonisme politis antara mahasiswa dengan rakyat terlihat sebagai fungsinya sebagai social control termasuk terhadap kebijakan-kebijakan yang menindas.

Mahasiswa dalam hal ini sudah menunjukkan diri sebagai salah satu potensi yang dapat diandalkan dalam upaya menuju tatanan masyarakat yang berkeadilan. Dan distribusinya baik secara kualitas maupun kuantitas dalam segala aspek kehidupan sosial sudah semestinya diperhitungkan.(Zaldy Munir)

Sekali lagi, peran mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat sosial ditunggu. Diharapkan mahasiswa mampu memainkan peran yang strategis. Kesatuan visi, tekad, dan perjuangan untuk kepentingan masyarakat secara luas, menjadi pondasi utama peran tersebut saat ini atau nanti. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, sekali lagi, perlu pemetaan, perumusan, dan penelaahan metode penerapan fungsi mahasiswa dalam kancah epistemologi sosial tersebut.

Organisasi Kemahasiswaan Harus Independen

Tidak salah memang jika sebuah lembaga/organisasi ingin melebarkan sayap dan meruncingkan taring, hal itu adalah tujuan setiap organisasi. Namun proses untuk kedua hal tersebut jangan sampai menggeser nilai inti dari organisasi. Pergeseran nilai inti yang dimaksud adalah menyandarkan batang tubuh oragnisasi pada pihak-pihak tertentu, ruh organisasi tidak tahu lagi siapa yang mengendalikan sepenuhnya sehingga profesionalisme berorganisasi tidak lagi pada tatanannya.

Sangat disayangkan jika organisasi kemahasiswaan yang seharusnya tetap pada sikap independens, rasional, dinamis, demokratis dan menjunjung tinggi keadilan serta kebenaran malah ditunggangi dan di arahkan oleh aktor yang memiliki kepentingan politik dalam perebutan jabatan.

Masyarakat sampai saat ini masih sangat percaya hanya pada mahasiswa, janganlah kepercayaan itu ternodai hanya karena kepentingan sesaat oleh politisi. Sudah termasuk tugas dan tanggungjawab pemerintah adalah mengsuport  membimbing dan membantu kelancaran kegiatan organisasi profesi, kepemudaan maupun kemahasiwaan. Jangan karena setiap bantuan oleh pemerintah membuat independesi itu sensitif.

Jika sebuah organisasi pergerakan dikendalikan oleh pihak tetentu (politisi) maka dengan sendirinya organisasi tersebut akan digiring untuk mengikuti kemauan sang politisi, jadi jika hanya untuk menuruti kemauan politisi maka sama saja dengan perbudakan.

Perbudakan ini dilakukan oleh pihak atau politisi terhadap organisasi pergerakan untuk mencapai kepentingan-kepntingan mereka. Perbudakan ini bisa saja berlangsung tanpa mereka sadari. Maka dari itu aktivis dan organisasi pergerakan mahasiswa harus mempunyai independensi, sehingga objektifitas, kekritisan dan intelketualitas pemikiran dan tindakan mereka tetap terjaga. Semua ini tentu akan berdampak pada kemaslahatan masyarakat, setidaknya masyarakat kampus (mahasiswa & mahasiswi).

Salam independensi… Salam pergerekan…

Facebook Comments

7 KOMENTAR

  1. I think that what you posted was actually very logical.

    However, what about this? what if you were to create a killer headline?
    I mean, I don’t want to tell you how to run your blog, but suppose you
    added something that makes people desire more?
    I mean Menjelang Pilgub, Organisasi Profesi, Pemuda Dan Kemahasiswaan Rawan Ditunggangi Politisi –
    fokus7 is kinda vanilla. You ought to peek at Yahoo’s
    home page and see how they write article headlines to get viewers to open the links.

    You might add a related video or a related picture
    or two to get people excited about everything’ve got to say.
    In my opinion, it could make your posts a little bit more interesting.

  2. Wonderful blog! I found it while surfing around on Yahoo
    News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there!

    Many thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here