Inilah 10 Wanita Pertama Kali Yang Sukses Di Dunia Politik

10
222


Wanita-wanita berikut adalah yang pertama dalam sejarah tercatat sebagai wanita pertama yang berhasil meraih kesuksesan dalam kedudukan, keberhasilan, keharuman dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara di bidang politik.

Resiko dan tantangan mulai dari sikap anggap remeh lawan politik sampai dengan ancaman kematian adalah hal yang biasa bagi para wanita super ini.

Berikut adalah catatan kisah sukses 10 wanita yang berhasil meraih prestasi yang sebelumnya hanya mampu diraih oleh kaum pria. 


1. Agatha Barbara

Agatha Barbara yang lahir pada 11 Maret 1923 di Zabbar, Malta, adalah seorang anggota legislativ wanita pertama, menteri wanita pertama dan presiden wanita pertama di negaranya. Sepanjang karirnya Agatha Barbara selalu memperjuangkan masalah-masalah sosial dan reformasi ekonomi. Barbara pernah dipenjara pada Mei 1958 karena terlibat dalam aksi mogok masal buruh. Agatha tercatat pernah melempar lawan politiknya dengan botol tinta dalam suatu debat politik di parlemen saat membahas masalah buruh.

Setelah jabatannya sebagai presiden Malta selesai Babara menyatakan pensiun dari panggung politik di tahun 1987. Agatha Barbara tidak pernah menikah dan meninggal pada tahun 2002 dalam usia 78 tahun. 

2. Josephine Abaijah

Josephine Abaijah alias Josephine Abayah alias Dame Josephine Abaijah adalah wanita Papua New Guinea pertama yang menjadi anggota parlemen di negaranya. Josephine adalah salah satu wanita pertama yang dididik di Papua New Guinea. Selain menjadi seorang politikus dia juga adalah seorang pebisnis dan penulis. Saat ini Josephine Abaijah adalah salah satu politikus wanita paling berpengaruh di negaranya.

3. Susanna Agnelli 

Susanna Agneli adalah politisi wanita Italia yang menjabat sebagai menteri luar negeri pertama. Susanna berasal dari latar belakang keluarga yang sangat kaya, kakek dari ayahnya, Giovani Agnelli yang adalah pendiri FIAT automobile. Karir politiknya diawali dengan menjadi anggota dewan kota dan walikota Monte Argentario. Kemudian menjadi anggota parlemen Italia, pernah menjabat sebagai anggota parlemen Eropa, menjadi anggota senat Italia dan beberapa jabatan penting lainnya di departemen luar negeri. Jabatan tertingginya adalah sebagai menteri luar negeri dan ia adalah menteri luar negeri wanita pertama di Italia.

4. Corazon Aquino

Corazon Aquino adalah presiden wanita pertama Filipina. Terlahir dengan nama Maria Corazon Cojuangco di provinsi Tarlac pada 25 Januari 1933. Ayahnya adalah senator Philipina bernama Jaun Sumulong. Suaminya Benigno Aquino Jr adalah seorang oposisi pada zaman permerintahan rezim Marcos. Ketika keluarganya kembali dari pengungsian pada 21 Agustus 1983, sang suami tewas ditembak oleh tentara Marcos. Aquino kemudian melanjutkan perjuangan sang suami dan berhasil melengserkan sang ditaktor Ferdinand Marcos. Pada 25 February 1986 Aquino terpilih menjadi presiden wanita pertama Philipina. 

5. Sirimavo Bandaranaike

Sirimavo Ratwatte Dias Bandaranaike yang terlahir dengan nama Sirimavo Ratwatte di Ratnapura, Balangoda, Sri Lanka pada 17 April 1916, adalah wanita pertama di dunia yang menjadi perdana menteri. Sirimavo terpilih sebagai perdana menteri Sri Lanka pada tahun 1960 dan menjabatnya sampai 1965, kemudian pada 1970 ia kembali terpilih sebagai perdana menteri dan menjabat sampai tahun 1977. Sirimova Bandaranaike adalah ibu dari presiden wanita Sri Lanka, Chandrika Kumaratunga. 

6. Benazir Bhutto

Benazir Bhutto adalah perdana menteri Pakistan. Ia tercatat sebagai wanita pertama yang menjadi perdana menteri di sebuah negara Islam. Dua kali Benazir terpilih sebagai perdana menteri. 

Saat masih menjadi mahasiswa di Oxford University pada 1976, Benazir Bhutto terpilih sebagai wanita pertama diluar Inggris yang menjabat sebagai presiden dari Oxford Union. 

7. Cai Chang

Tsai Chang atau Cai Chang adalah seorang politikus wanita Cina yang juga adalah salah satu wanita pertama yang menjadi anggota partai komunis Cina. Beliau adalah pemimpin pergerakan wanita di Cina. Cai Chang adalah ketua All-China Womens Federation tahun 1949.

8. Hattie Wyatt Caraway

Hattie Wyatt Caraway yang berasal dari Bakerville, Tennessee, Amerika Serikat ini adalah wanita pertama yang terpilih menjadi anggota senat Amerika Serikat pada tahun 1932. Hattie Wyatt Caraway juga tercata sebagai wanita pertama yang memimpin sidang komite senat. 

9. Eugenia Charles

Eugenia Charles adalah perdana menteri Republik Dominika pada tahun 1980 sampai 1995. Eugenia Charles adalah wanita pertama dari wilayah kepulauan Karibia yang menjadi pemimpin sebuah negara. di bawah kepemimpinannya pemerintah Dominika menjadi paling konservatif di kawasan itu, terkenal tegas berkomitmen terhadap perdagangan bebas dan giat menarik investasi asing terutama Amerika Serikat untuk datang ke negaranya.

10. Luisa Diogo

Luisa Diogo adalah perdana menteri wanita pertama Mozambik dan juga menjabat sebagai menteri keuangan. Setelah lulus dari University of London Luisa Diogo berkerja pada kementrian perencanaan dan keuangan Mozambik. Ketika Mozambik terkena krisis moneter Luisa banyak berperan dalam memajukan ekonomi bangsanya dengan berbagai posisi jabatan penting yang dipegannya mulai dari Programme Officer Bank Dunia untuk Mozambik tahun 1993 sampai wakil menteri keuagan dan kemudian menteri keuangan merangkap perdana menteri pada tahun 2004.

Facebook Comments

10 KOMENTAR

  1. 349240 454781I just could not go away your web site prior to suggesting that I in fact enjoyed the standard info an individual supply to your visitors? Is gonna be once more continuously to be able to look at new posts 467402

  2. 985327 750680Making use of writers exercises such as chunking. They use several websites that contain several creative writing exercises. Writers read an exercise, and do it. 78063

  3. 384215 907592This is a terrific website, could you be interested in performing an interview about just how you designed it? If so e-mail me! 961237

  4. 502281 351818Up to now, you call for to term of hire an absolute truck or van and will also be removal equipments to valuable items plus look at the new destination. From the long run, which finish up with are couple of things except anxiety moreover stress and anxiety. removals stockport 331586

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here