Dikejar Di Wilayah Perairan Sendiri, Bukti Malaysia Lebih Kuat Dari Indonesia ?

0
109

FOKUS7.COM – NASIONAL – Aksi penangkapan kapal nelayan pencuri ikan di perairan Belawan, Sumatera Utara yang notabene masih wilayah teritori Indonesia berujung pengejaran oleh kapal patroli Malaysia terhadap kapal patroli Indonesia yakni kapal Hiu 08 (Macan Tutul) hingga jauh menerobos wilayah laut Indonesia.

Dalam sebuah video yang ramai beredar di sosmed, tampak seorang anggota yang berada di atas Kapal Hiu 08, menyebut bahwa kapal Malaysia mengklaim jika Kapal Hiu 08 telah memasuki wilayah teritori mereka.

“Kita telah dikejar di laut kita sendiri oleh (kapal) coast guard Malaysia. Mereka ngotot ini wilayah Malaysia. Padahal, sudah jelas ini wilayah Indonesia. Kita tetap bertahan karena ini wilayah Indonesia yang harus kita jaga, tapi mereka sampai sekarang terus mengikuti kita,” ujar seorang petugas kapal patroli Indonesia dalam video.

Kapal Coast Guard Malaysia tersebut terlihat bertuliskan Penggalang 13 dengan nomor lambung 1813 dan berawakkan empat orang. Aksi saling kejar pun tak terelakkan.

Bahkan Kapal Malaysia sempat meminta kapal patroli RI untuk berhenti dan melepaskan kapal ilegal asing tangkapan mereka, namun tidak digubris oleh awak Kapal Hiu 08. Sebanyak 3 unit helikopter Malaysia bahkan berputar-putar untuk mengintimidasi Kapal Patroli Hiu 08.

“Mereka ngotot minta berhenti, tapi kita lanjut dan terus. NKRI harga mati, demi nusa dan bangsa, ku serahkan jiwa ragaku untuk melindungi NKRI walaupun Malaysia mengintimidasi,” ujar petugas yang belum diketahui identitasnya itu.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwenang terkait insiden ini.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here