Abdul Rahim: Pendidikan, Kesehatan, Transportasi, dan Telkomunikasi menjadi prioritas utama di Pulau Bala-balakang

23
800

Ket.Foto: Abdul Rahim, Selaku ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulbar saat memimpin jalannya pertemuan dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Aliansi peduli bala-balakang.

Fokus7.com, Mamuju- Komisi IV DPRD Provinsi Sulbar menggelar tatap muka dan hering antara dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Provinsi Sulbar terkait Pulau Bala-balakang. Jumat (31/03/2017).

Dalam pertemuan tersebut dihadiri, Abdul Rahim, (Ketua Komisi IV DPRD Prov. Sulbar), Wahyudin (Anggota DPRD Sulbar), Arman, (Ketua PPNI Sulbar), Bahtiar (Kepala Desa Bala-balakang), Dr. Indah (Perwakilan Dinkes Sulbar), Aliansi Peduli Bala-balakang, serta semua tamu undangan yang sempat hadir.

Ket.Foto: Tamu undangan yang hadir dalam rapat komisi IV DPRD Sulbar.
Ket.Foto: Tamu undangan yang hadir dalam rapat komisi IV DPRD Sulbar.

Abdul Rahim, Dalam membuka acara mengatakan bahwa, Pertemuan ini berjalan untuk menindak lanjuti tuntutan saudara-saudara kita dari Aliansi peduli bala-balakang.

“Yang menjadi tuntutan saudara kita yang ada di bala-balakang adalah masalah tapal batas dan abrasi pantai serta beberapa keluhan yang paling utama lainnya,” Kata Rahim.

Lanjut Rahim, Kesempatan ini Kami mengundang dinas kesehatan dan pendidikan untuk membicarakan secara khusus kebutuhan saudara-saudara kita yang ada di Bala-balakang.

“Saudara kita di bala-balakang mengatakan tegas menolak pernyataaan kaltim untuk memasukkan wilayah mereka di dalam perdanya,” Papar Rahim.

Rahim Menambahkan, Kami minta kepada dinas kesehatan dan pendidikan untuk memberikan informasi kepada kami bahwa berapa pegawai disana yang aktif, berapa yang kontrak, berapa yang hanya nama, berapa yang inpor, dan berapa yang menetap disana.

“Coba jelaskan kepada kami bahwa program-program apa yang kita harus ambil disana dengan sikap berkesinambungan dan berjangka panjang,” Pungkas Rahim.

Dalam memenuhi permintaaan Komisi IV, Dr. Indah menjelaskan yang berkapasitas mewakili dinas Kesehatan dengan mengatakan, Memang betul bahwa program yang ada disana itu tidak ada kesinambungan.

“Saya fikir DPRD Sulbar, Bupati, dan Gubernur itu bisa melakukan komunikasi dan memberikan perhatian khusus kepada Bala-balakang. Untuk survaif saudara-saudara kita disana, harus ada perhatian khusus. Puskesmas bala-balakang harus ter Agreditasi,” Kata Dr. Indah.

Ket.Foto: Aliansi peduli bala-balakang yang sempat hadir dalam rapat komisi IV DPRD Sulbar.
Ket.Foto: Aliansi peduli bala-balakang yang sempat hadir dalam rapat komisi IV DPRD Sulbar.

“Pak Bintiner adalah Kepala Puskesmas Pulau Ambo-Bala-balakang, 1 perawat PNS yang tidak jelas, dan ada 2 bidan yang sudah PTT. Ada 3 pustu disana seperti Pulau Salisingan, Ambo, dan sabakatan, Yang saya ketahui hanya 4 PNS yang ada disana, yang lainnya saya tidak tau,” Sambung Dr. Indah.

Lanjut Dr. Indah, Alat kesehatan itu seharusnya tiap tahun kita ganti jika kita menginginkan hasil yang memuaskan.

“Yang harus kita fikirkan adalah alat komunikasi disana, karna itu sangat di butuhkan saudara-saudara kita yang di bala-balakang,” Tutup Dr. Indah.

Bahtiar, Juga menjelaskan,  Masalah kesehatan di pulau bala-balakang adalah salah satu perhatian khusus yang harus kita perhatikan. Dan masalah Ambulance perahu itu juga harus di fikirkan, karna itu memakan biaya yang sangat besar.

“Kita juga harus fikirkan penambahan tenaga pendidik dan perawat karna tenaga pendidik disana sangat kurang. Yang harus juga di fikirkan oleh dewan adalah tunjangan tenga perawat disana karna itu sangat penting,” Kata Bahtiar.

Lanjut Bahtiar, Rumah dinas juga perlu kita fikirkan karna setengah mati tenaga pendidik dan tenaga kesehatan kita disana. Dan Kami juga berharap pelayanan keliling itu kembali di jalankan.

“Kami juga membutuhakan asrama putra putri di Mamuju untuk anak-anak sekolah kita, biar orang tuanya semangat menyekolahkam anaknya.

Ditambahkan, Kami minta juga kepada bapak dewan bahwa, jika ada bantuan atau beasiswa kepada anak generasi kita itu harus ada MOU yang disepakati karna kita pengalaman sebelum-sebelumnya.

“Kemarin ada saudara kita dari Bala-balakang itu di rujuk ke RS Regional di mengalami kecelakaan dan pada saat kejadian tak 1 pun tenaga medis berada di tempat,” Tutup Bahtiar.

Ket.Foto: Bahtiar, Selaku Kepala Desa Bala-balakang dan juga ketua Aliansi peduli bala-balakang saat hadir dalam Rapat komisi IV DPRD Sulbar.
Ket.Foto: Bahtiar, Selaku Kepala Desa Bala-balakang dan juga ketua Aliansi peduli bala-balakang saat hadir dalam Rapat komisi IV DPRD Sulbar.

Dalam menarik kesimpulan pertemuan, Rahim mengatakan bahwa, Komisi IV sangat setuju dengan penambahan pasilitas (Pustu/puskesmas) di bala-balakang.

“Saya ingin 2018 harus masuk anggarannya pembangunan puskesmas, tetapi saya tidak janji InsyaALLAH tahun ini bisa masuk anggarannya. malasalah pustu nanti kita komunikasikan kepada Kabupaten karna disana ada 15 Pulau,” Kata Rahim.

Lanjut Rahim, Perlu ada penambahan tenaga medis di pulau Bala-balakang, masalah Nusantara sehat itu tidak bisa di harap full karna jangka waktunya hanya 2 tahun.

“Sepanjang masih ada tenaga medis atau perawat lokal disana itu harus di proritaskan, silahkan bawah datanya kepada saya baru kita usulkan kepada Gubernur untuk di angkat menjadi tenaga kontrak. Saya minta setiap tahun ada anak-anak kita dari bala-balakang yang di sekolahkan di sekolah/kampus kesehatan melalui biaya pemerintah,” Jelas Rahim.

Ditambahkan, Kami sepakat bahwa.  tenaga medis yang ada disana itu harus di berikan perlakuan khusus. Masalah pelayanan keliling itu harus di tambah.

“Soal asrama nanti kita bicarakan dengan dinas terkait. Jika kalian menjadi pemimpin yang tidak mau mengurusi rakyat mu maka silahkan mundur dari jabatan mu,’ Tegas Rahim Legislator Partai Nasdem Restorasi itu.

Ket.Foto: Suasana Rapat Komisi IV yang membahas persoalan Pulau Bala-balakang utamanya di sektor pendidikan dan kesehatan.
Ket.Foto: Suasana Rapat Komisi IV yang membahas persoalan Pulau Bala-balakang utamanya di sektor pendidikan dan kesehatan.

(SEGMENT KHUSUS DPRD PROVINSI SULBAR)

@Arwin99.

Facebook Comments

23 KOMENTAR

  1. 476084 271536Id ought to talk with you here. Which is not some thing I do! I spend time reading an post that could get folks to feel. Also, appreciate your permitting me to comment! 778703

  2. 601094 936622I dont feel Ive scan anything like this before. So great to uncover somebody with some original thoughts on this topic. thank for starting this up. This internet site is something that is needed on the internet, someone with slightly originality. Very good job for bringing something new to the internet! 845435

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here